Posted by : Unknown Kamis, 18 Februari 2016



PROBOLINGGO (BM) – Untuk memeriahkan gelaran Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) Agustus mendatang, Pemkot Probolinggo melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dispobpar) akan menggelar Festival Jaran Bodhag. Acara digelar 31 Agustus di halaman museum Kota Probolinggo. kesenian Jaran Bodhag yang khas Kota Probolinggo.
Menurut Kadispobpar Kota Probolinggo, Misbahul Munir, Senin (13/7), persyaratan yang harus dipenuhi pesera festival Jaran Bodhag, di antaranya, pendaftaran dibuka mulai 27 Juli mendatang di Kantor Dispobpar Kota Probolinggo Jl Soekarno-Hatta 273 pada jam kerja, dengan menghubungi Ngatminto (082143615562) di Bidang Budaya.
            “Technical Meeting akan diadakan pada 27 Agustus 2015, di aula Kantor Dispobpar dan usia peserta minimal 13 tahun,” kata Misbahul Munir. “Persyaratan lainnya, peserta harus menggunakan Jaran Bodhag milik sendiri, dan peserta harus membawa pengrawit sendiri, tidak boleh merangkap,” lanjut Munir. Bagi pemenang, Kadispobpar menyebutkan, akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan.


            Kesenian Jaran Bodhag merupakan kesenian asli Kota Probolinggo, yang pada tahun 2014 lalu telah ditetapkan dalam daftar warisan budaya Indonesia, dan hingga saat ini Jaran Bodhag tetap populer di kalangan masyarakat Probolinggo, Biasa digunakan untuk mengiringi, dan mengarak acara hajatan, pernikahan, khitanan.
            Jaran Bodhag dalam terminologi Bahasa Jawa-Madura dimaknai sebagai jaran yang berarti kuda dan bodhag yang berarti wadah, dimaksudkan sebagai kuda tiruan yang terbuat dari kayu, menyerupai kepala kuda sampai leher. Kemudian leher kuda kayu itu disambung dengan peralatan lengkap dengan aksesoris.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © milhatulmaiziah29blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -